Tentang Masa Kecil


"One of the luckiest things that can happen to you in life is, I think, to have a happy childhood." - Agatha Christie



Akhir-akhir ini aku seperti dibawa ke ingatan masa kecilku dulu, jaman masih SD. Jaman ketika kita nangis hanya karena mainan bukan karena dimainin. Sakit karena panas bukan karena panas ngeliat kamu sama yang lain. Ehem. Aku juga tiba-tiba merasa betapa kini aku sudah bukan menjadi anak kecil dengan poni depan dengan rambut diikat dua. Ahh, aku rindu masa kecilku dan semua ini karena beberapa minggu ini setiap hari sabtu aku ada kegiatan PKM pengabdian untuk memperkenalkan kembali permainan tradisional di SD.
Ternyata, untuk meminta perhatian anak-anak SD agar mereka mau berhenti bicara dan mendengarkan kami itu susah. Pertemuan pertama, nyaris suara kami hilang ditelan suara anak-anak yang tak mau diam. Namun, di pertemuan kedua mereka dikit demi sedikit sudah mengenal kami dan ya setidaknya mau mendengarkan apa yang kami sampaikan. Dari situ aku banyak belajar, bahwa jadi guru SD apalagi guru PAUD/TK itu lebih sulit daripada jadi dosen. Bayangkan saja, seorang guru harus bisa menangani berapa puluh anak dengan karakter berbeda dan seusia anak SD itu adalah ketika semangat mereka masih meletup-letup dan hiperaktif. Aku sih mending presentasi didepan kelas.
Belum lagi, kalau mereka yang tadinya main bareng terus 5 menit kemudian mereka cakar-cakaran. Atau si A jailin si B, hingga akhirnya B kesal lalu nangis. Sungguh keras kehidupan anak SD. Apa dulu aku semasa SD juga seperti itu ya?
Tapi, dekat bersama mereka membuat aku semakin rindu masa kecil dulu. Aku ingat, dulu pas SD jamannya pamer tas dorong dan aku selalu bangga dengan tas dorong barbie warna pink yang sebenarnya membuatku kesusahan kalau harus naik turun tangga, juga sepatu yang kalau dipencet keluar rodanya dan ada lampunya, ah betapa memalukannya kalau sekarang diingat. Dan juga kalau jaman sekarang ada pou atau si tom di android, jaman dulu ada tamagochi yang kalau mau main kadang kita harus nunggu lama banget.
Walaupun selama masa kecil aku harus pindah-pindah kota dan rumah but I wouldn't say it was bad. It helped me grow up. So, how about your childhood? Don't you miss being a little kid when everybody loves you? :)

Komentar

Postingan Populer