Pelajaran yang Bisa Kamu Dapatkan Seusai Menjalani KKN



Bagi mahasiswa-mahasiswi semester akhir pasti sudah tidak asing dengan yang namanya KKN. Sebagian besar kampus di Indonesia saat ini masih memasukkan kegiatan wajib 3 sks ini sebagai persyaratan skripsi. Tujuan diadakannya KKN oleh perguruan tinggi yaitu guna meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan kebutuhan masyarakat. KKN sendiri merupakan sebuah bentuk pengabdian masyarakat oleh mahasiswa yang dapat menjadi wahana mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni bagi pemecahan masalah dan kebutuhan masyarakat. Nah, tentunya sebagai mahasiswa, KKN dirasakan sebagai pengalaman belajar yang tidak dapat diperoleh di kampus. Apa sajakah itu?

1. Belajar Hidup Sederhana
Hidup di pedesaan selama sebulan, jauh dari gemerlap kota, susah sinyal, harus nimba di sumur kalau butuh air, fasilitas MCK yang kurang memadai, ngucek baju sendiri, rebutan tempat untuk jemur baju, tidur berdesakan dengan teman lain tiap malamnya, dan masih banyak lagi. Hal-hal tersebut mungkin hanya bisa kita rasakan saat KKN dimana kita harus membiasakan diri dengan lingkungan yang berbeda dengan lingkungan kita sehari-hari. Justru dengan keadaan tersebut kita dapat belajar hidup sederhana dan lama kelamaan mulai nyaman dengan lingkungan selama KKN!

2. Bermasyarakat dengan Warga Setempat
Buat yang selama ini tinggal di perkotaan pasti pengalaman hidup di desa sangatlah berkesan. Kalau di kota kehidupannya begitu individualis, nah di desa kehidupan bermasyarakat dan gotong royongnya masih terjaga. Disini kita belajar untuk mengenal warga lain lalu melebur bersama. Di kampus kita hanya bersosialisasi dengan teman-teman yang rata-rata seumuran, ya paling mentok dosen lah dan itupun terbatas. Saat KKN kita bisa berkesempatan untuk mengobrol dan mengakrabkan diri dengan warga dengan rentang usia beragam. Kita juga bisa semakin memahami pola pikir dan problematika yang dihadapi oleh para warga.

3. Beradaptasi dengan Kondisi Sosial Budaya yang Berbeda
Selama KKN kita pasti akan banyak mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh warga contohnya seperti pengajian, rewang, yasinan, rapat karang taruna, kumpul ibu-ibu PKK dan masih banyak lagi. Sebelumnya mungkin kita tidak pernah mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut karena tidak ada di lingkungan tempat tinggal kita atau kita malas untuk melakukannya. Berkat KKN kita jadi bisa berkumpul bersama warga, merasakan hangatnya silaturahmi antar tetangga yang mungkin jarang kita dapat rasakan saat tinggal di perkotaan.

4. Mengontrol Emosi dan Saling Toleransi dengan Orang Lain
Teman-teman satu kelompok KKN biasanya terdiri dari berbagai jurusan dan fakultas yang berbeda dengan kita. Tinggal seatap dengan orang-orang asing yang memiliki karakter dan pola pikir yang berbeda tentu bukanlah hal mudah. Pada dasarnya setiap orang itu unik dan memiliki potensi luar biasa  dan punya kelemahan yang harus dihormati. Ada saja teman sekelompok yang suka bercerita, ada yang suka melucu, ada pula yang selalu semangat bekerja, dan ada juga yang agak susah untuk ikut bekerja. Kita jadi harus belajar untuk memahami kebiasaan orang lain, membiasakan diri dengan karakter mereka dan belajar untuk tidak mudah baper. Konflik antar teman se-posko pasti tidak dapat dihindari tetapi disinilah kemampuan kita untuk mengolah emosi diasah.

5. Melatih Diri Menjadi Pemimpin
Selama KKN pastinya kita juga akan belajar menjadi pemimpin. Disaat tidak ada orang lain yang dapat kita andalkan selain diri sendiri, maka jiwa leadership kita harus langsung kita gunakan. Bagaimana caranya berani untuk mengambil keputusan-keputusan sulit dan mengajak teman-teman lain untuk tetap semangat melakukan pengabdian.

6. Belajar Bersyukur!
Dari semua pengalaman ber-KKN tentu inilah yang menjadi kunci. Belajar bersyukur. Biasanya kita tidak menyadari dan menganggap enteng semua yang diberikan oleh Allah. Kini berkat KKN, kita bisa semakin merasakan bahwa kita jauh lebih beruntung seperti merasakan banyak fasilitas dibanding warga ditempat kita KKN. Dan pasti banyak hal-hal yang harusnya membuat kita bersyukur selama menjalani KKN.

Itu tadi pelajaran-pelajaran yang bisa kita dapatkan setelah mengikuti KKN. Ada banyak cerita, kisah dan pengalaman yang berbeda disetiap KKN. Mungkin saat awal kedatangan, kamu akan merasakan rindunya pulang ke kampung halaman, home sick dan pingin pulang aja, itu perasaan yang sementara. KKN tidak melulu soal membangun desa, tapi KKN juga akan memberimu arti kebersamaan dan kekeluargaan.

Komentar

Postingan Populer